Bila Mobil Anda Tenggelam, Jangan Panik! Lakukan ini

    Bila Mobil Anda Tenggelam, Jangan Panik! Lakukan ini

 Akhir-akhir ini banyak sekali mobil yang tenggelam akibat kecelakaan atau human eror. Hal tersebut bisa terjadi oleh siapapun, dimanapun dan kapan saja karena halangan tidak dapat di prediksi oleh siapapun. Menurut data yang diambil dari ilmuan Kanada, Gordon Giesbrecht, kebanyakan orang sering panik dan melakukan kesalahan prosedur keselamatan saat mereka terjebak dalam mobil yang tenggelam. Berdasarkan kabar yang dikutip dari enginessociety.com seorang pengemudi handal, Geoff Fahringer mendemostrasikan apa yang harus dilakukan saat anda terjebak di dalam mobil yang akan tenggelam.
Geoff memperagakan hal tersebut dengan menenggelamkan mobil yang dikemudikannya ke kanal dengan kedalaman delapan kaki.

Berikut adalah cara keluar dari mobil yang tenggelam.

Pertama, saat mobil telah dalam air, jangan ambil telepon anda, jangan telepon tim SAR, segeralah keluar sebelum air mencapai ketinggian kaca jendela mobil anda.
Anda harus segera keluar dalam waktu 30 detik melalui kaca jendela mobil, Kecepatan adalah kuncinya selamatnya.
Prosedur keselamatan itu terdengar sangat sederhana tapi siapa sangka justru akan menyelamatkan anda dari maut.
Dalam keadaan demikian tim SAR pasti akan datang dengan waktu yang sangat lama dan menunggu tim penyelamat akan membuang waktu sehingga malah akan memperburuk kondisi anda sendiri.
Ingat , mobil yang tenggelam akan segera tenggelam, ini berarti anda harus sepenuhnya memanfaatkan waktu yang sangat singkat untuk melarikan diri.
Lalu, mengapa anda perlu melarikan diri dari mobil yang sedang tenggelam melalui jendela dibanding harus membuka pintu?

Meskipun mungkin terdengar lebih mudah untuk melarikan diri dengan cara itu, sayangnya, tekanan air yang tinggi dari luar tidak akan memungkinkan anda untuk membuka pintu.
Pintunya tidak akan bergerak sekuat apapun anda mendorongnya, tapi jika anda terlambat bereaksi dan mobil sudah mulai tenggelam kemungkinan tekanan air dapat menutup jendela pintu mobil anda.Jika ini terjadi anda tidak memiliki opsi lain selain memecahkan jendela kaca mobil anda. Dalam keadaan ini gunakanlah kaki untuk memecahkan jendela samping dengan menendang bagian atas jendela atau mengambil sandaran kepala dan menggunakan ujung runcing untuk menghancurkan bagian dimana jendela bertemu dengan pintu.
Anda juga dapat menggunakan siku anda untuk memecahkan kaca jendela ,dan jangan pernah berfikir untuk memecahkan kaca depan karena dirancang untuk menahan tekanan.Ketika anda berhasil berenang keluar ikutilah arah naiknya gelembung udara untuk mencapai ke permukaan.
Ada kemungkinan anda dapat menjadi bingung di bawah air karena air disekitar akan berubah menjadi keruh, dengan mengikuti gelembung udara dapat membantu menemukan arah yang benar.

Demikian tips penyelamatan diri dan cara keluar dari mobil yang tenggelam. Utamakan keselamatan anda ketika berkendara! Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel