Tips Mendeteksi Oli Palsu

Oli Palsu Semarak, Tips Mendeteksi Oli Palsu


Kebutuhan oli yang semakin meningkat dengan banyaknya kendaraan pribadi yang beredar di jalanan membuat beberapa oknum nakal untuk memotong kompas dan mencari keuntungan yang besar. Di bandingkan dengan busi, Interval penggantian oli lebih cepat hal ini karena oli memegang beberapa peran yang berat dalam mesin sehingga umur oli menjadi lebih pendek. Ini juga menjadi salah satu alasan maraknya peredaran oli palsu di pasaran yang semakin bebas. Oli juga merupakan produk fast moving yang membuat cepatnya perputaran keuntungan.
Beredarnya oli palsu di pasaran memang sangat meresahkan masyarakat karena dampak yang dihasilkan dari oli palsu sangat merugikan konsumen atau penggunanya bahkan juga bisa merusak komponen mesin. Dari waktu ke waktu jumlah oli yang beredar di pasaran tak kunjung surut malah semakin menjamur.Untuk itu kamu harus lebih teliti lagi dalam membeli dan tempat membeli oli. Namun jangan khawatir , berikut ada beberapa tips untuk kamu, agar kamu terhindar dari oli palsu. Perhatikan ya!
1. Nomor identifikasi
Pabrikan oli pelumas asli menggunakan nomor identifikasi yang terletak pada dua tempat yang berbeda, yaitu pertama pada tutup botol kemudian pada badan botol oli, cobalah kamu cek pada tutup botol dan badan botol oli kedua nomor ini biasanya sejajar dan harus sama persis, Jika salah satu angka berbeda maka bisa di pastikan oli tersebut adalah oli palsu.

2. Botol Oli
Produsen oli palsu tidak akan mengeluarkan biaya untuk mencetak botol botol baru, biasanya menggunakan botol yang sudah bekas atau daur ulang. Sedangkan pabrikan oli asli tidak akan pernah menggunakan botol kemasan daur ulang untuk tiap produk selanjutnya untuk memberikan ciri keaslian produknya. 

3. Teknologi Tutup Botol/Kemasan
Pabrikan oli pelumas asli biasanya sudah menggunakan teknologi terkini, modern dan maju dalam pembuatan tutup botol yang mereka produksi. Cirinya adalah tutup botol ini hanya dapat digunakan sekali pakai saja atu akan rusak bila telah di buka tutupnya.Hal ini untuk mencegah oknum-oknum curang menggunakan kembali sebagai tutup botol daur ulang atau bekas

4. Label Pada Botol/Kemasan
Ciri-ciri dari label kemasan oli asli sangat rapi karena pasti pabrikan oli menggunakan teknologi printing yang berkualitas,selain itu beberapa produsen menggunakan teknologi hologramic atau kode tersendiri untuk mencirikan keaslian produknya.

5. Bau dan Warna
Ciri khas dari oli asli adalah berwarna bening dan tidak berbau, sedangkan oli palsu biasanya berbau dan berwarna keruh.
Mendeteksi keaslian oli dengan cara mencium adalah cara yang paling mudah, kamu bisa menggunakan indera penciumanmu untuk mencium aroma oli yang kamu beli apakah oli berbau aneh atau menyengat? jika tidak berbau dan berwarna bening berarti kamu membeli oli yang asli
Itulah beberapa tips cara mendeteksi oli  yang akan kamu beli apakah oli palsu atau asli..Semoga bermanfaat!.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel