Memasang Relay untuk Lampu Motor

Memasang Relay untuk Lampu Motor

 

Cara Memasang Relay Lampu Motor Supaya Lebih Terang

Lampu pada motor merupakan salah satu bagian penting dalam motor. Komponen yang menyebabkan lampu motor bisa menyala yaitu relay lampu. Bagi anda yang mempunyai motor anda dapat memasang sendiri relay lampu motor tersebut. Berikut pembahasan mengenai cara memasang relay lampu motor supaya lampu motor lebih terang. 
Relay lampu pada motor mempunyai fungsi sebagai saklar elektrik yang menghubungkan lampu langsung pada aki motor. Hal ini yang menyebabkan lampu motor dapat lebih stabil, menyala lebih terang serta lebih awet. Untuk tegangan yang melalui saklar holder lampu hanya memiliki fungsi untuk mengaktifkan relay saja. Fungsi relay bisa mengganti saklar holder lampu dengan saklar kekuatan ampere yang lebih besar yaitu biasanya sebesar 20 A (Ampere). Selain itu tegangan yang dimainkan oleh saklar relay bukan tegangan yang terdapat pada jalur kabel bodi positif motor, tetapi langsung dari tegangan positif aki.
Sebelum memasuki pembahasan cara kerja, anda harus mengetahui kode angka yang ada pada relay serta arah instalasi kabel.

Terdapat 4 kode angka adalah Kode 30, Kode 86, Kode 85, dan Kode 87. Kode 30 merupakan terminal kabel arus utama dari baterai atau aki. Untuk keamanan pada instalasi kabel maka anda bisa menambahkan fuse ataupun sekring. Selanjutnya kode 86 adalah terminal kabel dari saklar yang bernilai positif. Kemudian terdapat Kode 85 yang merupakan terminal kabel massa atau ground yang bernilai negatif dan yang terakhir kode 87 adalah terminal kabel beban yang bernilai positif. Cara kerja relay lampu motor yaitu ketika sebuah arus mengalir ke 85 dan 87 yang kemudian terhubung dengan ground (-). Akan berakibat timbul sifat kemagnetan pada elektro magnet. Kemagnetan tersebut akan menarik contact point pada terminal 87 yang akan menyebabkan terminal 30 dan 87 menjadi terhubung.



Cara memasang relay lampu motor

Cara memasang relay lampu motor, pertama yang harus anda lakukan yaitu memotong beberapa kabel yang terhubung dengan lampu yaitu kabel HI, LO, dan GND. Kemudian siapkan 2 buah relay normal. Lalu hubungkan terminal nomor 30 ke positif aki yang mana bisa diambil dari kabel sebelum saklar utama lampu kepala. Guna mencegah terbakarnya jalur kabel, maka anda harus memberi sekring terlebih dahulu. Kemudian hubungkan terminal nomor 87 ke terminal lampu utama dimana relay pertama untuk lampu dekat dan relay kedua untuk lampu jauh. Kemudian hubungkan terminal nomor 85 ke kabel saklar jarak dekat yang menuju lampu dipotong.  Kemudian hubungkan terminal nomor 86 ke negatif. Pada terminal 86 ini pun anda bisa menghubungkan dengan jalur asli pada lampu atau soket pada lampu bawaan untuk lampu dekat.

Pemasangan relay lampu motor pun sudah selesai. Lakukan langkah-langkah tersebut pada relay kedua untuk lampu jarak jauh. Cara memasang relay lampu motor dengan langkah di atas juga berguna untuk membuat lampu motor lebih terang. Pada prinsipnya arus utama yang akan masuk ke lampu tidak melewati saklar melainkan pada jumper dari baterai atau aki langsung menuju lampu. Saklar lampu tersebut berfungsi untuk mengatifkan elektro magnet yang terdapat pada relay. Oleh karena itu hambatan rangkaian lampu kepala lebih kecil sehingga lampu akan menjadi lebih  terang.
Jadi itulah cara pemasangan relay lampu motor. Ikuti instruksi dengan benar dan lakukan secara berhati-hati. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel