Mobil Murah Indonesia Dan Kiprahnya

    Mobil Murah Indonesia Dan Kiprahnya

Low Cost Green Car

Orang-orang di Indonesia masih banyak memburu mobil murah, buktinya mobil dalam segmen LCGC (Low Cost Green Car) masih laku di pasaran Indonesia.
Mobil LCGC sudah lima tahun berkiprah di Indonesia, mobil segmen ini pertama kali dirilis pada akhir 2013, selama kurang lebih lima tahun pemasaran LCGC semakin bertambah meski akhir-akhir ini stagnan.
Walaupun mengalami sedikit penurunan penjualan mobil murah yang tergabung dalam segmen LCGC masih bisa tembus lebih dari 200 ribu unit pertahun.
Sekarang ini pasar otomotif di Indonesia diramaikan oleh beragam LCGC diantaranya LCGC City car,ada pula LCGC untuk keluarga yang dapat menampung 7 orang penumpang.

Bagaimana kiprahnya LCGC di Indonesia dilihat dari segi penjualanya? Berikut ringkasan ulasanya.

1. Penjualan Turun tapi masih besar
Terdaftar dalam data distribusi wholesales atau dari pabrik ke diler, gabungan dari Industri Kendaraan Bermotor Indonsia(Gakindo) tahun 2018, sebnyak 230.444 mobil murah LCGC terjual habis.
Angka tersebut turun dari tahun-tahun sebelumnya yang mencapai 234.554 unit yang terjual. Penurunan LCGC disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah sistem pengetatan dari perusahaan pembiayaan.
Kemudian banyak produsen motor yang merilis kendaraan roda dua di segmen premium.

2. Penjualan meroket sejak pertama diluncurkan
Pertama kali diluncurkan tahun 2013 dan lima tahun setelahnya penjualannya meroket hingga hampir lima kali lipat. Tahun pertama, LCGC yang hanya diisi oleh empat pemain yaitu Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, dan Suzuki Wagon R terjual sebanyak 51.180 unit.
Selanjutnya di tahun kedua langsung meningkat hingga tiga kali lipat menjadi 172.120 unit dan penjualan LCGC tembus mencapai 230 ribu unit selama satu tahun.
Popularitas LCGC mampu mengalahkan city car.

3. LCGC 7 penumpang paling laris
Dai beberapa mobil LCGC yang di pasarkan di Indonesia LCGC dengan kapasitas penumpang 7 orang adalah yang paling diminati. Calya misalnya, dalam kurun waktu satu tahun LCGC Calya terjual sebanyak 64.970 unit.Setelah Calya kini ada kembaranya yaitu Sigra yang meluncur bebarengan dengan sang saudara Calya pada Agustus 2016 yang terjual lebih sedikit yaitu 50.907 unit.

4. LCGC yang paling di buru
Ada beberapa pabrikan yang berkecimpung memproduksi mobil-mobil LCGC tercatat Toyota dengan Agya dan Calya, Honda Brio Satya, Suzuki Karimun Wagon R, dan Datsun Go+serta Datsun GO.
Banderol harga terjangkau dengan fitur yang mumpuni bagi mobil murah tentunya akan membuat LCGC memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Dalam setahun hampir 250 ribu unoit LCGC laris di Indonesia.
Berikut daftar mobil LCGC terlaris di Indonesia
1. Calya:64.970 unit
2. Sigra:50.907 unit
3. Brio Satya:46.900 unit
4. Agya:26.106 unit
5. Ayla:26.952 unit
6. Datsun Go:4.782 unit
7. Karimun Wagon R:4.564 unit
8. Datsun Go:3.263 unit
Itulah sedikit ulasan tentang kiprah LCGC mobil murah di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel