Pemasangan Audio Mobil

    Pemasangan Audio Mobil

Audio Mobil

Sistem audio yang berkualitas merupakan sumber hiburan bagi kita ketika yang berada di dalam sebuah kabin mobil. Tak heran beberapa pemilik mobil bersedia merogoh kocek dalam hanya untuk menciptakan sistem audio yang baik pada kendaraannya.
Tetapi para pemilik mobil juga harus memperhatikan beberapa hal ketika ingin membangun sebuah sistem audio. Jika terjadi kesalahan pada saat proses pemasangan, bukan tata suara berkualitas yang akan kita dapat, tapi malah menimbulkan petaka.

Berikut paparan beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika proses pemasangan dan instalasi sistem tata suara di kendaraan kita.

1. Kabel
Sebuah sistem car audio pastinya dihubungkan oleh berbagai elemen kabel yang berfungsi menyalurkan daya listrik dari suatu perangkat ke perangkat lain agar bersinergi menghasilkan tata suara yang berkualitas.
Tapi juga perlu diperhatikan, kabel-kabel audio ini jangan ada yang terkelupas, kalau pun kabel harus di potong, maka ujung potongan kabel ini harus di isolasi dengan rapih agar tidak terjadi arus pendek di kemudian hari. Kabel-kabel ini sebaiknya juga disusun secara rapih dan tidak bertumpuk satu dengan kabel lainnya.

2. Power Amplifier
Agar aki tidak bekerja terlalu berat dan gampang tekor karena menambah kebutuhan listrik dari keberadaan sistem audio, maka kita wajib mengaplikasikan power amplifier. Alat ini adalah piranti elektronik yang tidak membutuhkan daya secara konstan.Yang sangat perlu diperhatikan yaitu amplifier disambungkan dengan kabel speaker dan subwoofer dengan baik dan ditutup menggunakan isolasi yang rapih.Pakailah kabel yang sesuai dengan dayanya dan jauhkan kabel signal dan kabel suplay

3. Speaker dan subwoofer
Menambah sejumlah speaker dan memasang subwoofer merupakan langkah paling tepat dan efektif untuk meningkatkan kualitas sistem audio di mobil kita. Tetapi perlu diperhatikan juga perangkat ini wajib di rekatkan ke struktur inti kendaraan secara erat. Dan langkah paling aman adalah dibaut ke bodi audio tapi jangan pakai double tape, kalau perlu buat dudukan baru yang kaki-kakinya merekat ke bodi Speaker dan box Subwoofer yang menempel di bodi ini untuk menghindari perangkat berterbangan ketika mobil mengalami kecelakaan.

4. Sumber listrik
Sumber listrik yang boleh diambil untuk sistem audio mobil yaitu dari kepala aki positif dan negatif. Pastikan pemasangan kabel audio pada kepala aki dilakukan secara rapih, bila perlu tambah dengan sekring terpisah.Sekering ini akan memutuskan arus listrik ketika terjadi konsleting dan mengamankan sistem audio mobil kiota ketika terjadi arus pendek.
Keselamatan adalah yang paling utama, kalau hanya pakai isolasi, daya rekatnya akan menurun karena panas dan air. Kalau sudah seperti ini perangkat tersebut bisa mudah lepas ketika mobil mengalami benturan, Perlakuan yang sama juga wajib diterapkan ketika memasang amplifier. 


Sedikit ulasan dan tips aman pemasangan audio mobil, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel