Perhatikan 5 Hal Sepele Penyebab Kecelakaan Mobil

    Perhataikan 5 Hal Sepele Penyebab Kecelakaan Mobil

Kecelakaan merupakan hal yang selalui dihindari oleh setiap pengemudi kendaraan. Namun yang pasti kecelakaan adalah hal rahasia yang hanya Tuhan yang mengetahuinya dan tidak dapat di prediksi oleh siapapun
Meski terampildan handal sekalipun dalam mengemudi, kecelakaan bisa saja terjadi pada diri kamu. Dan mungkin bukan karena kesalahan kamu, tetapi bisa saja disebabkan oleh orang lain yang bermasalah, sehingga menabrak kendaraan kamu.
Ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh si pengemudi yang bisa saja menyebabkan kecelakaan yang sebenarnya dapat dihindari.


Beberapa kesalahan tersebut antara lain:

1. Sinyal
Saat berkendara kadang mengabaikan pentingnya memberikan sinyal peringatan ke pada pengendara lain. Ini adalah kesalahan yang sangat fatal yang paling sering terjadi.Sinyal yang dimaksud adalah menekan lampu sein, seringkali saat berputar dan mengganti jalur di jalan padat, pengemudi tidak menyalakan lampu sein sehingga membuat pengemudi di belakangnya bingung dan sering terjadi tabrakan. 

2. Teknik berputar yang buruk
Meski terlihat sangat mudah, ternyata banyak pengemudi melakukan kesalahan saat berputar.Menjadi sangat penting karena kesalahan yang satu ini dapat berujung kecelakaan serius
Sebelum mendekati tempat putaran nyalakan lampu sein kamu terlebih dahulu untuk memperingati pengemudi lainnya.

3. Kaca spion
Saat mengemudi kendaraan fokus si pengemudi hanya melihat kedepan dan berkandara lurus, tetapi memposisikan kaca spion yang benar juga sangat penting untuk melihat jarak pengemudi lain di belakang kamu. Kaca spion jadi peranan penting bagi hal keselamatan berkendara.

4. Lampu yang salah
Berkendara dengan lampu terang tidak hanya merupakan kesalahan saat berkendara tapi juga memperlihatkan etika berkendara yang buruk dan membuat pengendara di belakang kamu menjadi terganggu penglihatanya.
Saat berkendara di dalam kota, hindari penggunaan lampun yang sangat terang.
Saat berkabut atau hujan,ingat gunakanlah lampu peringatan untuk memperingatkan pengemudi lain yang ada di belakang kamu.

5. Memacu laju kendaraan
Berkendara dengan agresif dan ugal-ugalan saat terlambat ke tempat kerja, atau mengejar sebelum lampu berubah merah ataupun hanya karena jalan yang kosong, adalah kesalahan yang paling fatal di lakukan. Karena berkendara dengan cepat dan ugal-ugalan besar kemungkinan akan hilang kendali dan meningkatkan resiko kecelakaan serius.

Selain itu ada juga gangguan  penyebab kecelakaan.Menurut survey, 80 persen total kecelakaan penyebab terjadinya adalah karena pengemudi yang terganggu saat sedang mengendarai kendaraannya. Beberapa gangguan yang sering terjadi lantaran berkendara sambil berbicara di telepon, SMS, makan atau mengoperasikan konsol multimedia, dan mendengarkan musik dengan headset bahkan kelelahan.
Cobalah untuk menghindari kesalahan itu terutama saat perjalanan jauh, jika kamu merasa pusing atau tidak bisa fokus pada kemudi, sangat dianjurkan untuk kamu beristirahat sejenak untuk melepas lelah. 

Selalu ingat, jalan raya bukanlah trek untuk balapan dan ugal-ugalan. Sayangi nyawa kamu yang hanya ada satu, taati selalu tata tertib berlalu lintas agar terhindar dari kecelakaan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel