Tips Menjaga Kulitas Cat Mobil Saat Mencuci

     Tips Menjaga Kualitas Cat Mobil Saat Mencuci

Bila tampilan mobil bersih dan kinclong tentu akan membuat si pemilik senang dan lebih percaya diri untuk mengendarainya. Tapi jika sebaliknya tampilan mobil terlihat kusam tentu membuatnya kurang sedap dipandang.
Perlu diketahui juga tampilan mobil kusam dipengaruhi oleh 2 faktor, pertama kotor memang karena belum dicuci dan kedua memang tampilan cat mobil yang sudah kusam. Tetapi jika karena kotor tentu hanya perlu mencucinya, lalu bagaimana cara menjaga warna cat mobil agar tidak terlihat kusam? 

Mudah kok caranya. Ikuti saja tips  menjaga kualitas cat mobil di bawah ini!

1. Selalu parkir di tempat teduh
Dimanapun berada, parkirlah kendaraan di tempat yang teduh, apalagi bila kamu akan memarkir mobil dalam waktu yang lama, hal ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah cat mobil tampak kusam. Mobil yang selalu terkena paparan sinar matahari bisa merusak kualitas cat mobil, jika terkena sinar matahari terlalu lama dan terus menerus maka efeknya sangat buruk. Karena dari itu, usahakanlah selalu memarkir mobil kamu di tempat yang teduh agar cat mobil tidak cepat kusam.

2. Menggunakan shampo atau sabun yang bukan khusus untuk mobil
Sering kali saat mencuci mobil, beberapa pemilik mobil sedikit menyepelekanya dengan menggunakan shampo atau sabun yang bukan khusus untuk mobil. Padahal hal itu kurang tepat dan bisa merusak kualitas cat mobil sehingga cat mobil kusam. Untuk mencuci mobil pastikan terlebih dahulu memakai sabun  atau shampo yang memang benar di khusukan untuk mencuci mobil kamu.

3. Sering poles bodi mobil
Untuk membuat warna cat lebih kinclong sebaiknya rutin untuk melakukan poles bodi khusus seperti sekali dalam sebulan. Ketika memoles, gunakanlah kain halus atau kanebo, karena penggunaan kain yang berteksture kasar akan berisiko meninggalkan baret pada permukaan cat mobil.

4. Perhatikan beberapa mekanisme dalam mencuci mobil
Setidaknya gunakan peralatan khusus untuk mencuci mobil kamu. Misalnya, seperti penggunaan serat mikro, sarung tangan khusus untuk proses mencuci dan handuk berbulu untuk mengeringkan. Tetapi jika di rumah hanya punya kanebo dan spons dengan busa biasa, sebaiknya jangan gunakan peralatan tersebut. Penggunaan kanebo dan spons busa biasa sangat kurang efektif.

5. Hilangkan kotoran memandel
Kotoran yang sulit dibersihkan bisa disebabkan karena, bahan aspal yang menempel pada bodi mobil atau bahkan kotoran serangga yang sudah mengering. Maka, membutuhkan sedikit tahapan khusus ketika mencuci mobil dengan kotoran membandel tersebut. Yaitu dengan menggunakan claying,penggunaan claying semua noda yang terlihat atau tidak terlihat pasti akan hilang.
Meskipun bahannya lembut, tetapi sangat abrasif dalam mengangkat kotoran dan akan mengikis lapisan pernis mobil. Caranya, gunakanlah secara berkala dalam 3 atau 6 bulan sekali.


Demikan tadi tips menjaga kualitas cat mobil saat dicuci.Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel