Transmisi Mobil Bermasalah? Inilah 10 Gejalanya

    Transmisi Mobil Bermasalah? Inilah 10 Gejalanya

  1.  

Masalah yang terjadi pada transmisi mobil memang tidaklah mudah untuk dideteksi. Terlebih pada mobil bertransmisi otomatis, yang lebih rumit dibandingkan mobil bertransmisi manual.
Otolovers setidaknya kamu harus tahu tanda-tanda jika transmisi mobil sedang bermasalah agar bisa sesegera mungkin memperbaiki sebelum semakin parah.

Yuk simak 10 gejala transmisi mobil sedang bermasalah!

1. Telat Respons
Jika saat menginjak pedal gas mesin menderu, tetapi kendaraan melaju lambat tidak normal.Kemungkinan drive plat kopling mobil kamu sudah sangat menipis. Khusus transmisi otomatis kemungkinan kinerja body valve sudah sangat melemah.

2. Suara dengungan sistem transmisi
Pertama suara mendengung itu mirip dengan suara dari mesin.Namun lama-lama suara tersebut bertambah keras dengan munculnya bunyi mirip ketukan benda tumpul yang berbenturan. Suara tersebut berasal dari beberapa komponen pada piranti transmisi yang saling berbenturan karena mekanisme pergerakan terhambat penyebabnya adalah kurang kuatnya dorongan oli transmisi.

3.Kebocoran cairan transmisi
Pada saat cairan transmisi bocor adalah masalah transmisi yang cukup mudah diidentifikasi. Cairan transmisi mobil matik sangat vital untuk kapabilitas pertukaran gear, jadi sedikit saja kebocoran transmisi pada mobil matik akan menimbulkan masalah yang cukup serius.
Pada transmisi manual, pengecekan cairan transmisi tidaklah semudah membuka kap mesin lalu menarik dipstick. Namun harus membuka langsung kotak transmisinya, dan harus membutuhkan bantuan dari ahlinya.

4. Mobil terasa bergetar
Terdapat beberapa penyebab mobil menimbulkan getaran, untuk kendaraan matik bisa terjadi akibat kendala mesin dan transmisinya. Periksalah mobilmu di bagian kampas koplingnya karena bisa saja bermula dari kampas kopling kamu yang sudah mulai haus sehingga menyebabkan permukaan kampas kopling tidak merata.

5. Bau terbakar
Jika tiba-tiba mencium bau oli terbakar yang sangat pekat baunya, Hal iini dikarenakan transmisi overheating sehingga harus diberikan pelumas.
Fungsi pelumas tidak hanya membantu melancarkan pergerakan komponen saja, namun juga menjaga stabilitas suhu kompone. Bahkan beberapa kendaraan memiliki mini radiator pada transmisi yang tugasnya mendinginkan pelumas.

6. Susah pindah gear
Diagnos awal adalah terjadi masalah pada sarana penghubung garpu kopling yang bertugas untuk memindahkan gear, sarana penghubung tersebut bisa seperti tali kopling untuk mobil-mobil kuno atau lawas.Dugaan lainya biosa ada komponen yang sudah haus atau termakan usia yang minta untuk di ganti.

7. Nyala indikator check engine
Cahaya lampu check engine bisa jadi pertanda kerusakan komponen yang tidak berhubungan dengan transmisi, karena saat indikator menyala jangan langsung menuduh transmisi yang menjadi penyebabnya.

8. Suara berisik di posisi netral
Suara berisik tersebut bisa disebabkan dari bearing yang sudah haus terutama yang berada di input shat.Jika hal in i terjadi segeralah periksa ke bengkel.

9. Gear slip
Umumnya fungsi transmisi gear mobil akan tetap pada posisi yang sudah diatur oleh pengemudi, sistem computer akan memindahkan sendiri gear pada jangkauan RMP yang di butuhkan, Jika hal ini terjadi gear slip akan sangat berbahaya jika tengah berada di kecepatan tinggi sebeb pengemudi akan kehilangan kendali dan akan membahayakan keselamatan si pengemudi.

10. Kopling seret
Kopling seret disebabkan olehgagal terlepasnya disk kopling dari flywheel pada saat menginjak pedal kopling, kondisi ini menyebabkan pengemudi tidak dapat memindahkan gigi karena kopling masih terlibat dalam putaran mesin.Penyebab kopling seret adalah terlalu kendurnya pedal kopling.


Itulah sedikit pemaparan 10 pertanda transmisi mobil bermasalah.Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel